9:30 am

Mulia dengan sifat jujur

Mei 5, 2022
9:30 am

Jujur merupakan kata paling indah untuk didengar, tetapi sangat sulit untuk diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, banyak orang yang mengetahui maknanya, namun masih banyak yang mengabaikan. Akan sangat berbahaya apabila orang yang hendak berbuat jujur namun dirinya tidak sepenuhnya mengetahui akan kejujuran. Karena jujur itu bersumber dari yang didasari oleh keimanan, dan imanlah yang dapat mengantarkan seseorang kepada kejujuran.

Sikap yang selalu berusaha untuk menyamakan antara informasi dan kenyataan merupakan sebuah sikap kejujuran. Di dalam agama Islam, sifat jujur disebut Ash-Shiddiq, yang merupakan sifat para nabi ‘Alaihimu Sholatu wa Sallam. Sehingga sifat jujur merupakan sifat yang tidak ternilai harganya. Menjaga amanah juga dapat diartikan sebagai salah satu sifat jujur, karena orang yang memiliki sifat jujur biasanya mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Dengan demikian, yang memiliki sifat jujur tidak akan menyukai orang yang bersikap dusta dan bohong. Sesungguhnya sifat kejujuran akan bersatu dengan sifat amanah. Sebaliknya, apabila suatu amanah dikerjakan oleh orang yang tidak jujur, maka amanah itu akan tidak tersampaikan.

(Pemateri: Ust. Muhammad Dzaky Alwan)

pendaftaran santri baru
Pesantro RQS Albashiroh Online