2:00 pm

Dunia ini hanyalah tempat kita singgah sementara

Juni 21, 2022
2:00 pm

Dalam menjalani kehidupan dunia ini, kita selaku seorang mukmin perlu memahami hakikat kehidupan ini. Karena sesungguhnya kita di dunia ini tak lain hanya seperti seorang musafir, atau seperti seorang tamu yang akan meninggalkan tempat ini. Maka sudah sepatutnya di antara sifat yang harus kita miliki adalah zuhud.

Zuhud bukan berarti meninggalkan dunia seisinya. Tetapi zuhud adalah sebagaimana yang disampaikan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah yaitu meninggalkan sesuatu yang tak ada manfaatnya untuk akhirat kita. Karena sesungguhnya, setiap yang bernyawa pasti akan meninggal. Setiap kita pasti akan meninggalkan dunia. Kita tidak lain di dunia ini hanyalah seorang musafir. Maka sudah sepatutnya kita mempersiapkan bekal kita; segala hal yang akan membantu kita di akhirat kelak, dan yang memberi manfaat kepada kita di akhirat kelak.

Itu harus kita persiapkan karena dunia ini tidak lain adalah ladang kebaikan kita yang akan kita tuai di akhirat kelak. Mudah-mudahan kita semua senantiasa diberikan petunjuk oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan pertolongan agar senantiasa berada di jalannya yang lurus.

(Pemateri: Ust. Abu Hamzah, Lc. M.A)

pendaftaran santri baru
Pesantro RQS Albashiroh Online