8:00 pm

Cara para sahabat menyambut bulan Ramadhan

Maret 31, 2022
8:00 pm

 

Alhamdulillah, saat ini kita berada di penghujung bulan Sya’ban. Yang berarti tidak lama lagi kita akan berada di bulan suci Ramadhan. Dikatakan oleh para ulama, dahulu para sahabat radhiallahu anhum mempersiapkan diri mereka untuk menyambut bulan Ramadhan sejak 5 bulan setengah sebelum masuknya bulan Ramadhan. Kemudian 5 bulan setengah setelah Ramadhan pun mereka selalu mengharapkan bertemu kembali dengan ramadhan yang akan datang dan selalu memohon agar ibadah ramadhan yang mereka telah lalui diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Apa saja yang dipersiapkan para sahabat 5 bulan lamanya? Diantaranya adalah para sahabat mempersiapkan keimanan mereka dengan selalu melakukan amalan-amalan shaleh diantaranya adalah memperbanyak puasa sunnah, tidak absen untuk qiyamullail bahkan satu malam pun dan juga tidak lupa setiap harinya para sahabat selalu bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Agar ketika para sahabat tiba di bulan Ramadhan mereka telah mempersiapkan diri mereka untuk mendapatkan begitu banyak rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dalam bulan ramadhan.

Maka saat ini kita mengetahui begitu banyak hal yang dipersiapkan para sahabat radhiallahu ‘anhum dalam menyambut bulan ramadhan. Padahal kita tahu betapa tingginya tingkatan keimanan para sahabat dibandingkan dengan diri kita. Walaupun begitu para sahabat mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ramadan 5 bulan lamanya. Maka akan muncul pertanyaan kepada diri kita, sudah seberapa jauh kita mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ramadhan?

(Pemateri: Ust. Umar Al-Ghozie)

pendaftaran santri baru
Pesantro RQS Albashiroh Online