11:42 am

3 ikatan setan yang membuat kita malas bangun dari tidur

Februari 14, 2022
11:42 am


Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam telah memberikan kita solusi, bagaimana seseorang ketika dia bangun dari tidurnya dia akan merasa segar dan bersemangat untuk melakukan aktivitas di hari tersebut. Dan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam juga telah menjelaskan kepada kita bagaimana seseorang itu ketika dia bangun tidur namun dia masih merasakan kemalasan dan tidak bergairah untuk melakukan aktivitasnya.
Itu semua kata Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam disebabkan bahwasannya manusia ketika dia tidur, maka setan itu akan mengikat tengkuk kepalanya dengan tiga ikatan. Hal itu semua dijelaskan oleh Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dalam Hadits yang Shahih,
يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ
“.. setan itu akan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan 3 tali ikatan..”.
يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ
“..di setiap ikatan tersebut setan akan mengatakan ‘kamu masih memiliki waktu malam yang panjang lanjutkanlah tidur’. Namun, ..” kata Nabi Shallallahu alaihi wa sallam,
فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ
“.. kalau orang tersebut giat bangun dan dia mengingat Allah dengan berdzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka tali yang pertama akan putus.”
فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ
“Kalau dia bangun berdiri lalu kemudian dia berwudhu, maka tali yang kedua itu akan terputus.”.
فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ
“Lalu kalau dilanjutkan untuk mengerjakan salat, maka tali yang ketiga akan terputus.”
فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ
“Pada pagi harinya ketika dia telah melakukan 3 hal tersebut, maka dia akan merasakan semangat dan segar yang menentramkan jiwanya. Namun bila dia tidak melakukan hal-hal tersebut, maka pada pagi harinya, jiwanya merasa tidak segar dan menjadi malas untuk beraktivitas.”
(HR. Al-Bukhari 1074)

pendaftaran santri baru
Pesantro RQS Albashiroh Online